Monday, April 07, 2008

3rd Article @ Aglaonema, Si Daun Cantik




Apa itu aglaonema?
Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman sekantor dan sanak famili. Bingung juga sih untuk menjawabnya. Sederhananya tanaman ini adalah salah satu species dari keluarga keladi-keladian, awalnhya di Indonesia dikenal salah satunya bernama Sri Rezeki. Sejarah asal-muasal dan pembagian genus dan species lengkapnya tidak akan dibahas di sini, karena memang tidak dihapal dan dikuasai oleh penulis, maklum masih bau kencur alias newbie tentang seluk beluk tanaman hias ini. Silahkan simak di serial buku Trubus untuk mengetahui lebih lengkap dan jelas.

Aglaonema memang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias. Tanaman hias memang ditujukan untuk menghias rumah - that’s the basic idea – agar terlihat lebih indah dan lebih cantik. Mungkin saat ini ada jutaan jenis tanaman hias seluruh dunia. Setiap negara memiliki tanaman hias khas daerah mereka masing-masing karena memang tiap daerah memiliki sifat geografis yang berbeda-beda, sehingga tanaman setempat juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Di tanah air ada 3 jenis tanaman hias yang mendominasi sejak 5 tahun terakhir., yakni Adhenium, Anthurium dan Aglaonema. Dua yang pertama tidak akan dibahas di sini, may be next time.

Keindahan Aglaonema ada di daun; bentuk, warna, dan coraknyalah yang mempesona bagi siapa saja yang melihatnya (siapa saja : tentunyanya yang menyukai tanaman). Jenis speciesnya kurang lebih ada belasan dan berasal dari Negara-negara di Asia Tenggara. Jumlah hibridanya ada banyak sekali. Hibrida ini adalah hasil karya penyilang tanah air dan Thailand.
Simak saja foto-foto di atas yang di-download dari website tanaman hias.
Untuk melihat gambar-gambar lainnya dipersilahkan buka link di bawah ini:
http://www.flickr.com/gp/25199064@N04/3a5WML


Salam

2 comments:

Arel said...

Hehe..ternyata bapak yang satu ini pecinta tanaman hias juga ya....

Prihandoko said...

ngga juga om..belum bisa dibilang pecinta, baru peminat..hehe

 
© free template by Blogspot tutorial